Jumat, 30 November 2012

RAGAM MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA



1. Musik Sasando
         Adalah alat musik yang menggunakan senar, kayu, daun lontar. Musik ini dipadukan dengan gong (pentatonik) dan gendang yang dipukul.

2. Musik Keroncong
         Alat musik yang digunakan dan menjadi ciri yang khas adalah cuke (ukulele) bentuk seperti gitar kecil dipetik, bas besar, clarinet, biola, gitar, dan cello.

3. Musik Dangdut

         Alat musik yang menggunakan kendang menjadi ciri khas, gitar elektrik, organ, bass, seruling, mandolin. Sangat digemari oleh masyarakat, sebagai penghibur syair dan liriknya menceritakan kehidupan masyarakat, kata-kata mudah dicerna, menjadi musik rakyat, berasal dari musik Melayu.

4. Musik Angklung
         Alat musik ini terbuat dari bambu, memiliki tangga nada diatonis (mayor,minor). Digunakan untuk mengiringi upacara adat setelah panen. Musik ini berasal dari Jawa Barat.

5. Musik Calung
         Alat musik ini terbuat dari bambu, cara membunyikannya dengan dipukul, terdiri dari calung gembang, calung gamelan, calung penguring. Tangga nada yang digunakan laras pelog dan slendro.

6. Musik Gambang Kromong
         Alat yang digunakan adalah perpaduan antara lain musik biola, gong, gendang, suling, bonang, kecek, teliyan. Tangga nada yang digunakan adalah pentatonik China. Lagu bersifat humor, jenaka, sindiran.

7. Gong Gambang
         Musik tradisional dengan alat musik berupa kendang, siter, saron, dan gong yang terbuat dari bambu besar dilengkapi dengan vokalis, lagu-lagunya adalah tembang Jawa.

8. Musik Tanjidor
         Musik tradisional Betawi dengan alat musik terompet, simbal, tanjidor atau bas drum.

9. Musik Campursari
         Alat musik (instrumen) merupakan campuran dari musik keroncong, pop, dan musik gamelan antara lain bas, kendang gamelan, saron, gong, bonang, organ. Lagu-lagunya adalah lagu pop Jawa dan lagu langgam.

10. Musik Gamelan
          Hampir terdapat diseluruh Nusantara gamelan yang dari (Jawa, Bali, Sunda/Jawa Barat), terdiri dari laras pelog dan slendro.

3 komentar: